Jaywright Illustration

Beragam Ciri Anak Alergi Susu Sapi Untuk Diketahui

Apakah Anda pernah menemukan anak Anda diare kemudian muncul bintik merah di bagian tubuh setelah mengonsumsi susu sapi? Jika ya, maka Anda harus waspada. Dua hal tadi adalah ciri anak alergi susu sapi yang memang cukup sering terjadi pada anak-anak. Tentu, jika kondisi tersebut muncul, maka penanganan harus segera dilakukan.

Perlu diketahui, alergi susu sapi adalah salah satu gangguan kesehatan yang muncul karena tubuh sangat rentan dengan kandungan yang ada pada susu sapi. Oleh karenanya, ketika penderita alergi susu sapi mengonsumsi susu sapi, tubuh akan bereaksi dengan beragam gejala yang berbeda.

Pengetahuan tentang ciri anak yang terkena alergi susu sapi tentu menjadi penting bagi orang tua. Dengan bekal pengetahuan yang ia miliki, maka orang tua bisa melakukan penanganan yang tepat sehingga gejala tersebut tidak semakin parah.

Ciri Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak ciri dan gejala yang bisa dijadikan acuan apakah anak Anda menderita alergi susu sapi atau tidak. Tentu, jika gejala bisa diketahui sejak dini, maka penanganan pada persoalan akan bisa dilakukan dengan cukup tepat.

Adapun beberapa gejala yang menjadi ciri dari alergi susu sapi pada anak adalah sebagai berikut:

  • Diare

Salah satu gejala alergi susu sapi yang paling kentara dan paling sering terjadi adalah diare. Bisa dikatakan diare adalah reaksi yang paling cepat muncul. Gejala ini bahkan bisa muncul setelah anak Anda mengonsumsi susu sapi yang Anda berikan.

Apa yang menjadi sebab dari diare adalah saluran pencernaan anak Anda –terutama jika masih bayi, yang belum berfungsi secara maksimal. Saluran pencernaan tersebut tidak bisa menerima gula dan senyawa lain dari susu sapi yang dikonsumsi.

  • Napas berbunyi

Napas anak yang tersengal-sengal dan berbunyi juga menjadi salah satu ciri anak alergi susu sapi yang harus diperhatikan. Gejala ini muncul ditandai dengan anak Anda yang kesulitan bernapas setelah mengonsumsi susu sapi dalam jumlah tertentu.

Kondisi ini terjadi karena adanya reaksi alergi yang secara tiba-tiba muncul di saluran pencernaan. Inilah yang menjadi sebab kenapa lendir secara tidak langsung akan muncul dalam jumlah yang banyak sehingga mengganggu pernapasan.

  • Bintik merah di kulit

Gejala lain yang muncul karena alergi susu sapi pada anak adalah bintik merah di bagian kulit. Ini adalah ciri yang umum muncul, sebagaimana alergi lainnya. Bintik merah ini tidak hanya muncul begitu saja, namun juga dibarengi dengan rasa gatal yang menjalar. Oleh karenanya, seringkali anak akan menjadi rewel dan mudah menangis.

Beberapa poin di atas adalah ciri anak alergi susu sapi yang harus diketahui dengan baik. Lakukan tindakan penanganan untuk mengatasi ciri tersebut sebelum efek yang lebih buruk datang. Jika dibutuhkan, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

Deskripsi: ciri anak alergi susu sapi cukup banyak. Tentu, jika ciri tersebut muncul, maka Anda harus melakukan tindakan dengan segera.