Jaywright Illustration

Begini Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Sebagai orang tua, tentunya Anda pernah merasa kewalahan ketika menghadapi anak susah makan sayur. Ya, anak-anak zaman sekarang memang sangat susah untuk disuruh makan sayur. Padahal, ia membutuhkan nutrisi yang ada dalam sayuran. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan? Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi anak susah makan sayur yang bisa Anda lakukan.

  1. Jadikan Sebagai Menu Pembuka

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak susah makan sayur adalah dengan menjadikan sayur sebagai menu pembuka. Menu pembuka adalah menu yang akan pertama kali disantap ketika anak merasa lapar.

Pada saat lapar, anak cenderung akan makan apa saja untuk memenuhi keinginannya makan. Momen inilah yang bisa Anda jadikan sebagai momen agar anak mau makan sayur. Coba deh olah sayur menjadi beberapa jenis sop. Jika perlu, tambahkan topping lainnya agar anak lebih tertarik untuk mencicipinya.

  1. Buat Kreasi Penyajian yang Menarik

Beberapa orang akan tertarik dengan suatu makanan pada saat pertama kali melihat. Jika makanan sudah dipandang enak, maka rasanya juga kemungkinan akan mengikuti. Inilah yang menjadi alasan mengapa penyajian itu sangat penting.

Sama halnya dengan anak, anak juga akan lebih tertarik jika melihat makanan dengan penyajian yang menarik. Peran Anda di sini agar anak mau makan sayur adalah lebih kreatif. Lebih kreatif yang dimaksud adalah dalam hal menyajikan menu makanan yang mengandung sayur.

Coba deh, bentuk makanan dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti tokoh kartun kesukaannya. Selain itu, hindari juga memaksa buah hati untuk memakan sesuatu dan menjadikan makanan sayur sebagai hukuman. Mengapa? Sebab hal ini hanya akan membuat buah hati semakin tidak mau untuk makan sayur.

  1. Cari Sayuran yang Disukai Anak

Dari semua jenis sayur yang ada di dunia ini, sebagai orang tua Anda harus cermat dna tahu sayuran maka yang disukai oleh anak. Nah, jika Anda sudah menemukannya, jadikan sayuran tersebut sebagai menu harian.

Agar anak tidak bosan, cobalah berganti-ganti menu sayur namun dengan sayuran yang disukai. Agar lebih bervariasi, Anda juga bisa mencari kreasi dalam pengolahan sayur tersebut agar menjadi menu yang menarik dan tidak membosankan bagi si kecil.

  1. Konsisten

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan sayur adalah konsisten. Konsisten ini sangat penting untuk menjaga mood anak dalam makan sayur. Bahkan, sebuah riset juga mengatakan jika anak sudah mencoba 8 dari jenis sayuran yang ada.

Maka, anak akan menjadikan makanan tersebut bagian dari menu yang disukai. Jadi, yang harus Anda lakukan di sini adalah tetap konsisten dan jangan menyerah. Ingat! Sayuran itu sangat penting bagi Anak.

Dengan menggunakan cara mengatasi anak susah makan sayur di atas, anak Anda bisa makan sayur untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ingat! Dalam hal ini memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Jangan sampai Anda kalah dan membiarkan anak makan apa saja kecuali sayur.