Jaywright Illustration

Optimalkan Asupan Gizi dengan Pakai Prinsip Gizi Seimbang

Ketercukupan asupan gizi sehari-hari Anda dan keluarga, tentu jadi salah satu perhatian utama Anda. Dengan tercukupinya asupan gizi, maka tubuh akan bisa terjaga kesehatannya dan Anda pun bisa menjalani hari dengan penuh energi. Sebagai acuan memenuhi gizi harian, Anda bisa berpegang pada 4 pilar utama dalam prinsip gizi seimbang berikut ini.

Konsumsilah Makanan yang Beraneka Ragam

Pilar yang pertama dalam prinsip gizi seimbang ini adalah ajakan untuk mengonsumsi makanan yang beragam jenisnya. Mengapa harus beragam? Alasannya karena tak ada satupun makanan di atas dunia ini, yang mengandung semua unsur gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, kombinasikan aneka makanan agar semua gizi yang dibutuhkan bisa Anda peroleh.

Misalnya saja, untuk mendapatkan asupan kalori yang cukup, Anda bisa konsumsi nasi. Nasi ini sebaiknya Anda padukan dengan makanan lain seperti sayuran dan buah, yang diketahui kaya akan vitamin, serta, serta mineral. Jika butuh asupan kalsium, Anda bisa tambah dengan segelas susu ketika makan. Hal penting yang harus diingat adalah untuk selalu menyeimbangkan prosi makanan tersebut.

Budayakan Perilaku Hidup Bersih Setiap Harinya

Mengonsumsi makanan yang beraneka ragam jenisnya untuk mendapatkan asupan gizi selengkap-lengkapnya, belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh, loh! Anda juga harus membiasakan diri untuk berperilaku hidup bersih setiap harinya. Ketercukupan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, juga sangat bergantung pada bersih atau tidaknya hidup yang Anda jalani.

Dengan menjalankan perilaku hidup bersih, maka Anda bisa mencegah risiko infeksi. Jika lalai menjalankannya dan terlanjur terkena infeksi, maka status gizi Anda bisa terpengaruhi. Infeksi sendiri bisa menyebabkan turunnya nafsu makan, sehingga kurangnya asupan gizi ke dalam tubuh. Padahal, saat infeksi ini terjadilah, tubuh sedang membutuhkan asupan gizi dalam jumlah banyak.

Rutin Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Sembari mencukupi asupan gizi setiap hari dengan mengonsumsi makanan yang beragam dan menjalankan perilaku hidup bersih, jangan lupa untuk berolahraga. Olahraga ataupun jenis aktivitas fisik lainnya, akan membantu menyeimbangkan keluar dan masuknya zat gizi dari dan ke dalam tubuh Anda. Dengan melakukan aktivitas fisik ini juga, metabolisme tubuh jadi lancar.

Metabolisme tubuh yang lancar bermakna tubuh bisa menyerap dengan baik gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Jangan berpikiran bahwa Anda harus melakukan olahraga yang berat agar fungsinya di atas bisa terlaksana. Olahraga ringan seperti jogging pun tak mengapa, asal rutin dilakukan. Anda direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, dengan durasi 30 menit.

Mencapai dan Mempertahankan Berat Badan Normal

Bagaimana cara untuk tahu apakah keseimbangan gizi tubuh Anda sudah tercapai atau belum? Jawabannya ada pada website sahabat nestle atau  dengan memiliki berat badan yang normal. Normal atau tidaknya berat badan, bisa Anda hitung sendiri misalnya dengan mencari tahu Indeks Massa Tubuh atau IMT. Dua faktor yang dibutuhkan dalam menghitung IMT adalah berat dan tinggi badan.

Nilai IMT bisa didapatkan dengan membagi berat badan dengan dua kali tinggi badan dalam hitungan meter. Hasilnya nanti bisa Anda cocokkan dengan rentang nilai indeks IMT yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sebagai contoh, dalam rentang nilai indeks untuk perempuan dewasa, nilai 17 hingga 23 merupakan pertanda berat badannya normal.

Itulah tadi 4 pilar penting dalam prinsip gizi seimbang yang sangat perlu untuk Anda pedomani. Melihat dari keempat pilar yang telah dijabarkan sebelumnya, bisa ditarik kesimpulan bahwa asupan gizi setiap hari saja belum cukup. Anda harus melengkapinya dengan olahraga, perilaku hidup bersih, dan mencapai berat badan normal, agar perolehan gizi bisa optimal.