Jaywright Illustration

Subsektor Ekonomi Kreatif Dan Para Pelaku EkonominyaSubsektor ekonomi kreatif yang ada di Indonesia ternyata berpotensi besar loh dalam menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Itulah sebabnya diperlukan peran dari semua pihak untuk menciptakan perekonomian kreatif yang lebih baik lagi.

Indonesia pun menjadi salah satu negara di Indonesia yang telah diperhitungkan, khususnya dalam industri ekonomi kreatif setingkat dunia. Kontribusi ekonomi kreatif di tahun ini diperkirakan akan meningkat, dalam perekonomian secara nasional.

Macam-macam Subsektor Ekonomi Kreatif yang Ada di Indonesia

Dalam menganalisa hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif yang ada di Indonesia, Kamu harus mempelajari macam-macam subsektor dari ekonomi kreatif itu. Subsektor adalah sekumpulan program yang berkaitan dengan ekonomi kreatif tersebut.

Jadi, apa aja sih macam-macam subsektor dalam ekonomi kreatif ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya:

  • Periklanan

Kegiatan kreatif yang saling berhubungan dengan jasa periklanan ini banyak banget, misalnya proses kreasi, produksi serta distribusi iklan yang dihasilkan, dan sebagainya. Jasa periklanan ini adalah komunikasi satu arah pada medium tertentu.

Contoh dari produksi iklan ini diantaranya yaitu produksi pada material iklan, televisi dan radio, perencanaan komunikasi pada sebuah iklan, pemasangan poster dan gambar, iklan yang ada di luar ruangan, penyewaan untuk kolom iklan secara khusus, promosi dan sebagainya.

  • Arsitektur

Hal-hal yang termasuk ke dalam industri arsitektur ini juga sangat beragam ya, misalnya perencanaan kota, jasa konsultasi pada arsitek, pengawasan di bidang konstruksi, desain bangunan dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk bidang ekonomi kreatif yang masuk ke dalam subsektor arsitek adalah dokumentasi lelang, arsitektur pada taman-taman kota, konservasi bangunan wisata, perencanaan untuk biaya konstruksi dan lain sebagainya.

  • Pasar Barang Seni

Segala kegiatan yang masih berhubungan dengan perdagangan barang yang mengandung seni seperti misalnya barang-barang antik, langka, berasal dari masa lalu atau barang bekas, dan barang dengan nilai estetika yang tinggi disebut dengan subsektor pasar barang seni.

Barang-barang seni yang disebutkan di atas itu bukan barang curian atau barang palsu ya, tapi termasuk jenis barang yang dianggap legal sama negara.

  • Kerajinan

Segala jenis kegiatan kreatif yang berhubungan langsung dengan kreasi, produksi dan juga distribusi produk yang berasal dari pengrajin, disebut dengan subsektor dalam industri kerajinan.

Semua produk yang dihasilkan itu dimulai dari proses desain hingga produk yang sudah selesai diproduksi. Barang kerajinan ini juga sangat bervariasi, misalnya barang-barang yang dibuat dari porselin, tanah liat dan kapur, serat alam/buatan, kayu, kulit, bambu, kaca, rotan dan lain-lain.

  • Desain

Subsektor industri yang berhubungan dengan desain juga gak kalah banyaknya. Subsektor desain ini adalah hal-hal yang masih ada hubungannya dengan konsultasi identitas perusahaan, kreasi dari sebuah desain grafis, pengemasan produk, interior dan sebagainya.

Hal-hal yang masuk ke dalam subsektor desain ini dibagi lagi jadi tiga macam, yaitu desain interior, desain grafis dan komunikasi visual dan satu lagi yaitu desain industri. Nah, contoh desain ini juga masih beraneka ragam ya.

  • Fashion atau Fesyen

Segala jenis kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi desain dari hal-hal yang berkaitan dengan produk pakaian, aksesoris, alas kaki, konsultasi dengan produk-produk fesyen, dan distribusi produk fesyen dan sebagainya, adalah subsektor dalam industri fesyen.

  • Video, Film dan Fotografi

Nah, untuk subsektor industri yang satu ini udah jauh lebih canggih dong ya. Apalagi dengan zamannya internet yang semakin pesat sekarang ini. Video disebut sebagai teknologi dalam pengiriman sinyal secara elektronik yang asalnya dari gambar bergerak.

Sedangkan fotografi adalah metode/proses yang mampu menghasilkan foto/gambar pada sebuah objek, caranya yaitu dengan merekam pantulan cahaya yang terkena pada objek itu di media yang peka terhadap cahaya.

Subsektor yang berasal dari industri video, film dan fotografi ini didefinisikan dengan sebuah kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi dalam sebuah produksi video, film dan juga jasa fotografi itu sendiri.

  • Permainan Secara Interaktif

Subsektor yang ada di dalam permainan interaktif menjadi bagian dari sebuah kegiatan rekreatif, yang juga berhubungan dengan produksi, kreasi, serta distribusi yang ada di dalam permainan komputer dan juga video yang sifatnya edukasi, hiburan dan juga ketangkasan.

Cara melakukan permainan secara interaktif ini yaitu dengan jaringan internet. Dukungan dari ketersediaan teknologi di bidang informatika ini ternyata sangat penting ya.

  • Musik

Kegiatan kreatif yang juga masih ada hubungannya dengan musik seperti misalnya hak cipta rekaman, komposisi musik, kreasi/komposisi, penyanyi, distribusi, pertunjukan musik dan lain sebagainya adalah bagian dari subsektor musik itu sendiri.

Masing-masing dari subsektor ekonomi kreatif ini memiliki ragam pilihannya sendiri, yang bermanfaat banget untuk peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia. Jenis industri kreatif yang sudah diuraikan di atas bisa jadi gambaran buat Kamu yang belum paham tentang industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/